YURISTGAMEINIGAMEID101

Memanfaatkan Kebun SEKOLAH Dengan Bijaksana



Besmarak, 29 Oktober 2018. Mata pelajaran muatan lokal adalah mata pelajaran yang wajib diikutsertakan dalam kurikulum pembelajaran sekolah di Indonesia, karena MaPel tesebut bisa disesuaikan dengan sumber daya yang ada di sekitar tempat sekolah itu berada, tinggal bagaimana kepala sekolah guru dan para siswa mengelolah sumber daya tersebut..

Dari MULOK siswa-siswi akan perkaya dengan Wawasan Multikultural, Menggali Potesi yang terpendam, memiliki peluang unutk berkareir didengan ruang lingkup yang luas, dan juga dapat memperbesar peluang untuk mengikuti SMNPTN dengan mudah,. 

Hal ini yang menginspirasi salah satu Sekolah di Kabupaten Kupang, gebrakan yang dibuat kepala Sekolah Franc Nafie, Guru beserta Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nekamese, ini dapat menjadi contoh bagi sekolah yang lain di Kabupaten Kupang dan Sekolah yang lainya dalam rangka panen perdana hasil pertanian yang dilakukan di lahan Sekolah,.

Untuk melenkapi MaPel MULOK sisawa--siswi diberi pelajaran tentang kewirausahaan karena siswa harus memiliki jiwa Wirausaha lewat berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Apa yang dipelajari di sekolah perlu diterapkan dalam lingkungan kehidupan siswa/i, saat ini ataupun ketika mereka sudah tamat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Nusa Tenggara Timur, Saleha Wongso, SE; di sela-sela kegiatan panen perdana tanaman tomat di Kebun Sekolah milik SMA Negeri 1 Nekamese (29/10/2018) yang dihadiri kepala sekolah Franc Nafie, guru dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Nekamese.

Menurut Nafie, tanaman tomat ini adalah hasil kerja Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Nekamese yang diterapkan lewat Mata Pelajaran Mulok "Kami sekolah menyiapkan bibit, sedangkan mulai penyiapan lahan sampai dengan penanaman dan pemeliharaan dilakukan oleh siswa-siswi yang dikoordinir oleh guru mata pelajaran. Harapan kami, apa yang telah kami terapkan di sekolah dapat dilanjutkan oleh siswa-siswi di lingkungan mereka ketika lulus nanti." Tandas Nafie. Lanjut Nafie, Hasil Panen ini nantinya juga akan diberikan kepada siswa untuk dipasarkan, sehingga siswa dapat memahami bagaimana berwirausaha.

Untuk diketahui, SMA Negeri 1 Nekamese yang berlokasi di Desa Besmarak Kabupaten Kupang memiliki luas lahan 14.250 meter persegi, mempunyai lahan tidur seluas 3000 meter persegi yang disiapkan untuk mata pelajaran Mulok atau Kebun Sekolah. . .




๐Ÿ‘Œ ๐Ÿ‘Œ ๐Ÿ‘Œ ๐Ÿ‘Œ

About Author

Related Post