YURISTGAMEINIGAMEID101

Warisan Leluhur Sebagai Identitas Kita Sebagai calon Penerus BANGSA



Kain Tenun NTT
Keindahan Kreatifitas Leluhur
Oleh Kadek Bani
http://www.zonantt.com/
Kain tenun di NTT memiliki beragam atau bermacam corak hias atau motif yang biasanya meggambarkan ciri khas dari sebuah suku. Kita bisa mengenal atau mengetahui asal tenunan itu berasal dari corak yang ada pada kain tersebut. Pada umumnya motif yang terdapat pada kain tenunan biasanya memiliki makna tersendiri yang tersirat.

Makna-makna dari motif pada kain tenunan biasanya menampilkan atau menggambarkan tokoh-tokoh mitos, binatang, tumbuh-tumbuhan atau makna tersirat lainnya. Keragaman motif pada kain tenunan telah ada sejak zaman dulu dan itu merupakan hasil keindahan kreatifitas leluhur yang bisa dilihat hingga saat ini.

Motif kain tenunan yang adalah keindahan kreatifitas leluhur bisa ada bukan karena mereka memiliki peralatan ataupun bahan yang modern, melainkan bisa tecipta karya indah itu dari peralatan dan bahan yang sederhana yang berasal dari alam.

Dalam keterbatasan akan bahan, keadaan ataupun peralatan serta pengetahuan tidak membuat mereka berhenti untuk berhenti berkreasi dalam menuangkan ide-ide kreatifitas ke dalam bentuk karya. Mereka tidak meniru motif tenunan yang berasal dari luar, tetapi mereka mempelajarinya dan mengembangkan motifnya sendiri.

Dari apa yang mereka kembangkan, dapat kita lihat saat ini yaitu kain tenunan dengan beragam motif dari setiap suku itu berbeda-beda. Untuk terciptanya satu motif yang indah bukanlah sesuatu hal yang mudah, tapi itu adalah kreatifitas yang luar biasa dari leluhur.

Tidak ada yang dapat membatasi kita untuk berkreatifitas, karena berbagai macam motif yang ada pada kain tenunan merupakan bukti nyata yang dihasilkan oleh leluhur kita dalam keterbatasan mereka. Apa yang dihasilkan sebenarnya mempunyai makna tersirat yang biasanya menggambarkan bahwa kita sebenarnya kreatif karena Tuhan kita juga kreatif. Hal itu bisa terjadi jika kita mau untuk belajar dari alam sekitar.

Tidak perlu peralatan atau bahan atau pengetahuan yang banyak dan modern untuk kita bisa berkreasi. Karena apa yang dihasilkan oleh leluhur kita merupakan bukti bahwa semua bisa terjadi jika kita mau berusaha dan belajar.

About Author

Related Post