YURISTGAMEINIGAMEID101

Apa itu virus, trojan, worm, & malware


Bagi seorang IT ini masalah sepeleh dan sudah wajar saja, akibat minimnya proteksi dan masih adanya celah pada komputer, notebook dan laptop seseorang. Tapi sebaliknya untuk yang awam ini akan membuat mereka waswas karena kurangnya pemahaman tentang  virus itu sendiri, yamg mereka ketahui adalah dapat merusak komputer, notebook dan laptop. Unutk itu kita langsung saja membahas tentang judul dari tulisan ini  

1. Trojan
Virus Trojan, atau yang sering disebut dengan Trojan horse merupakan Sebuah bentuk Program yang menyamar sebagai aplikasi jinak. Tidak seperti virus lainnya, Trojan horse tidak mereplikasi diri mereka sendiri tetapi mereka bisa merusak dan mengurangi performa koputer anda seperti virus lainnya. Salah satu jenis yang paling berbahaya dari Trojan horse yaitu program yang mengklaim untuk membersihkan komputer Anda dari virus, tetapi malah sebaliknya bukan membersihkan melainkan memperkenalkan virus ke komputer Anda.

Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

1. Virus 
Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara  menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya. biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan. virus tidak dapat berkembang di komputer apabila tidak ada pihak ketiga (manusia) yang mengaktifkanya, sebuah file/aplikasi yang sudah tercemar virus selalu memalsukan dirinya bisa berupa .doc .jpg atau folder. Kebanyakan virus yang menginfeksi komputer adalah virus Shortcut.


2. Malware 
Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi. Malware bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan memungkinkan juga terjadi pencurian data / informasi. Malware jelas berbahaya buat perangkat elektronik seperti komputer (PC), laptop, tablet, smartphone.

3. Worm
Cacing komputer atau juga disebut worm (bahasa Inggris: computer worm atau worm) dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.
Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tetapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.
Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tetapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.
Demikian sedikit Penjelasan singkat tentang Trojan, Virus, Malware, Worm semoga dengan penjelasan ini diharapkan membantu dalam  membedakan program-program berbahaya tersebut. Dan sangat disarankan untuk menginstal antivirus dan mengupdat patch pada Os kamu yang terbaru agar komputer kamu bisa terlindungi.
Sumber: Wikipedia.

About Author

Related Post