YURISTGAMEINIGAMEID101

Pohon LONTAR Bercabang Banyak Ada di SABU RAIJUA





Bukan Hanya Di KUPANG saja lohhhhh!!!!, tetapi Pohon LONTAR Bercabang Banyak Ada di juga di Kabupaten SABU RAIJUA bahkan lebih dari 4 cabang.!!

ANEH TAPI NYATA. Pohon lontar biasanya tumbuh tunggal, alias tak berdahan. Namun ada yang berbeda dengan sebatang pohon LONTAR di Dusun 05, Desa Robo Aba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, tumbuh tidak seperti pohon lontar pada umumnya. Pohon penghasil minuman keras Lokal jenis SOPI, serta alat musik SASANDO itu tumbuh dengan lebih dari 10 dahan dan sangat tidak lasim.

Ini menjadi hal aneh dan unik menurut saya, lantaran belum pernah melihat pohon jenis ini tumbuh bercabang. Awalnya pohon ini tumbuh normal terlihat dari bagian bawah yang normal seperti pohon lontar pada umumnya. Namun beranjak dewasa, ada lebih dari 10 dahan yang keluar seiring pertumbuhannya.

Menurut keterangan Harlince Djami (Kaur Pembangunan), sang pemberi Informasi bahwa pohon lontar bercabang tersebut dilihat saat mengunjungi warganya di dusun 05 untuk mengambil data foto rumah untuk keperluan melenkapi persyaratan penerima bantuan LTSHE (Lampu Tenaga Surya Hemat Energi), sayapun langsung meminta agar bisa mengantar saya ke tempat terseebut.

Dan sampai detik ini tempat dimana pohon Lontar tesebut ada belum banyak yang mengetahuinya, Marlince Djami dan Dominggus Mone Ly sebagai Kepala Dusun 03, berharap agar keunikan ini bisa menjadi sebuah pesona untuk Desa Robo Aba dan bisa mendatangkan wisatawan lokal maupun nasional. Sehingga pohon penghasil miras lokal jenis SOPI dan alat musik SASANDO itu dikenal lebih luas lagi.




About Author

Related Post