YURISTGAMEINIGAMEID101

"Seniman Bagus Meniru, Seniman Hebat Mencuri"


Banyak dari kita berpikir bahwa, kita tidak bisa berpikir untuk menjadi seorang yang kreatif, kecuali kita menemukan sesuatu yang benar-benar orisinal. Kejadian ini sama sekali tidak mejadi masalah dan karena itulah artikel ini. Soalnya, ternyata beberapa seniman yang hebat itu mencuri. Seniman hebat mencuri?

Pablo Picasso sering mengatakan dan menjadi kutipan yang melegenda bahwa "Seniman bagus meniru, seniman hebat mencuri." sebuah ungkapan yang akan sedikit menyinggung sihh sebenarnya.!

Apakah benar Picasso mengatakan demikian pada saat melakukan beberapa perdebatan? Dan jika benar  itu adalah wawasan yang sangat berharga, bagi siapa pun kita yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki untuk berpikir kreatif.

Jadi, jika demikian maka apa sebenarnya maksud dari perkataan Picasso dan apa yang dapat kita pelajari dari kutipan yang dikatannya?

Maksud dari perkataan Picasso mengacu pada sebuah fakta bahwa seorang seniman yang baik dan seorang seniman yang hebat bekerja dengan sangat berbeda:

Seorang seniman yang baik akan melihat gaya seniman lain dan kemudian mencoba dan meniru gaya itu sedekat mungkin.

Seorang seniman hebat akan memilih elemen dari karya seniman lain dan memasukkannya ke dalam campuran pengaruh unik mereka sendiri.

Seniman yang baik hanya meniru karya seni orang lain. Seorang seniman hebat secara selektif mengambil (mencuri) elemen dari berbagai sumber dan kemudian secara kreatif menggabungkan pengaruh mereka untuk menciptakan sesuatu yang unik milik mereka.

Beberapa contoh terkenal termasuk:

Apple tidak membuat komputasi tablet. Toshiba dan perusahaan lainlah yang telah memproduksi perangkat tablet hampir satu dekade sebelumnya. Dan apa yang tim iPad Apple lakukan, adalah mengambil (mencuri) konsep komputasi tablet dan membuatnya menjadi sesuatu yang mampu bekerja dengan sangat baik, tipis dan tampak hebat.

Google bukanlah perusahaan pertama yang membuat mesin pencari. Ini fakta, Google terlambat bermain. Apa yang dilakukan Google adalah mengambil konsep mesin pencari dan menerapkan antarmuka yang sangat sederhana dan sedikit berbeda, dengan program unik yang secara konsisten memberikan hasil pencarian yang sangat baik. Mereka menciptakan produk yang tampak unik, yang bekerja dengan sangat baik.

Contoh berikut adalah ketika George Lucas menciptakan Star Wars, dia menggabungkan antara fiksi ilmiah terbaik, dengan cerita-cerita lama tentang pertempuran antara kebaikan dan kejahatan.

Sebuah pemikiran yang sangat luar biasa dan sesuai dengan pernyataan dari Picasso

 

Berpikir Kreatif dan pemikiran orisinal

Banyak orang beranggapan bahwa mereka tidak kreatif, itu dikarenakan mereka menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri. Mereka senang menganggap Apple, Google, dan George Lucas sebagai orang-orang yang sangat kreatif, namun itu adalah sebuah kesalahan karena dalam benak mereka harus menemukan sesuatu yang sepenuhnya orisinal, tapi seharusnya mereka sendiri yang tidak berpikir kreatif.

Kenyataannya adalah bahwa jika kita  yakin memiliki pemikiran yang unik sekalipun, seseorang ilmuan dengan pemikiran yang dimilikinya mungkin sudah memiliki ide yang sama, 3 ribu tahun yang lalu.

Karena itu beri diri Anda kebebasan untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan melihat pada seluruh pengalaman hidup Anda lalu membuatnya menjadi sebuah penalaman baru dan pemikiran kreatif Anda sendiri yang bisa dituangkan dalam bentuk; jawaban, lukisan, ide, gerakan tarian, pemasaran, desain, cerita, lirik, patung, posting blog, produk, hidangan makanan, layanan, music ataupun apa saja!

Anda akan kagum dengan apa yang dapat Anda ciptakan, ketika Anda belajar “mencuri” seperti seorang seniman.!

About Author

Related Post

2 Komentar

avatar

Mantap Pak Jack. Beeing creative human.

Balas
avatar

Terima kasih banya.!!

Balas